Cara Terbaik dan Tips Memilih Jurusan Kuliah dan Universitas

Posted by Dinasthi Posted on 11:44 PM
Memilih Jurusan Perkuliahan bukanlah hal yang dapat dilakukan sembarangan. Kita harus benar-benar memilih sebuah jurusan dan perguruan tinggi dengan berbagai pertimbangan yang matang. Banyak sekali mahasiswa yang mengalami masalah saat perkuliahan dikarenakan memilih jurusan yang tidak sesuai. Masalah yang timbul antara lain:

1. Masalah Psikologis
Masalah ini dapat timbul apabila seseorang melakukan sesuatu tidak dengan rasa senang/ suka rela dan ikhlas. Contoh masalah ini seperti seorang anak yang kuliah karena pilihan orang tua padahal dia tidak menyukai jurusan yang dipilih orang tuanya. Contoh lainnya adalah memilih jurusan karena sedang trend saja atau karena teman. Sesuatu yang dilakukan tidak dengan rasa senang dan ikhlas akan berpengaruh terhadap hasil.

2.Masalah Akademis
Setiap orang dilahirkan dengan kemampuan masing-masing. Tidak setiap orang pandai dalam semua hal. Begitu pula dalam dunia perkuliahan, apabila kita mengambil sebuah pilihan jurusan yang tidak sesuai dengan kemampuan kita makahasilnya tidak akan semaksimal apabila kita benar-benar menguasai bidang tersebut.

2.Masalah Hubungan
Ini adalah efek lebih jauh dari kesalahan pemilihan jurusan kuliah. Orang tersebut dapat menjadi minder, menjauh, dan tidak percaya diri karena merasa dirinya bodoh.

Berikut adalah Cara Terbaik dan Tips Memilih Jurusan Kuliah dan Universitas

Menanyakan pada diri sendiri apa yang disukai dan diminati - Sejak kecil pada umumnya seorang anak telah memiliki keinginan akan menjadi apa suatu saat. Semakin bertambah dewasa seorang anak akan semakin tahu dirinya menyukai apa. Sebelum anda menanyakan pendapat kepada orang lain, tanyakanlah pada diri sendiri karene pasti anda memiliki keinginan tentang masa dengan anda.

Mencari informasi detil mengenai jurusan yang diminati - carilah info sebanyak mungkin mengenai jurusan tersebut, mulai dari kampus yang membuka jurusan tersebut, ilmu yang dipelajari, biaya kuliah, dosen, seleksi masuk, dll.

Memilih jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan orang tua - Jika anda belum mandiri untuk membiayai sendiri kuliah anda sebaiknya anda berdiskusi dengan kemampuan finansial orang tua. Ini dimaksudkan agar ketika masa perkuliahan anda tidak mengalami finansial yang menghambat perkuliahan.

Memilihlah dengan memikirkan konsekuesi di masa mendatang - Berpikirlah panjang hingga beberapa tahun kedepan jika kamu mengambil sebuah jurusan. Pikirkan sisi baik dan sisi buruk yang harus kau lewati dengan konsekuesi tinggi sehingga kau tidak akan berbelok di tengah jalan.

Siapkan Alternatif Lain  - Setiap rencana manusia belumlah sempurna. Siapkan rencana lain jika rencana kita gagal. Carilah opsi jurusan lain dan kampus lain yang dapat menjadi solusi jika kau menemui jalan buntu tidak diterima di kampus impianmu.

Semoga Artikel mengenai Cara Terbaik dan Tips Memilih Jurusan Kuliah dan Universitas ini bermanfaat buat anda. Sebarkan ke teman-teman anda juga agar mereka terbantu.

Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. Blog Cara Terbaik - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes